Kapolda Bali Lantik 43 ”Honorary Police”

Denpasar (Bali Post) –
Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. Soenarko Danu Ardanto melantik 43 anggota honorary police (polisi kehormatan), di Gedung Rupatama Mapolda Bali, Kamis (16/2) kemarin. Polda Bali kini dibantu 121 polisi kehormatan, di mana yang 78 orang sudah bergabung sejak kepemimpinan Komjen Mangku Pastika. Apa saja harapan Kapolda pada polisi yang bekerja tanpa gaji itu?

Irjen Soenarko menegaskan, kehadiran honorary police diyakini sangat membantu tugas-tugas Polri di lapangan. Jajaran Polda Bali dalam menegakkan hukum dan melayani masyarakat, tentu tidak akan berhasil maksimal jika bekerja sendiri. Anggota polisi kehormatan diharapkan mampu menjadi perpanjangan tangan Polri dalam menggali informasi dan mensosialisasikan tugas-tugas aparat penegak hukum. ”Saya bangga dan tentu sangat merasa terbantu. Honorary police adalah tumpuan Polri dalam mengemban tugas negara,” tegasnya.

Kapolda menyinggung kebijakan Polri dengan paradigma baru yang mengedepankan kepentingan rakyat. Para prajurit Polri harus bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat, terutama dalam mencegah berbagai tindakan anarkis. Honorary police bagi Irjen Soenarko adalah bagian dari komitmen Polri untuk memperdayakan semua potensi di masyarakat. ”Saya sudah perintahkan para Kapolres dan Kapoltabes agar melakukan koordinasi dengan tokoh-tokoh agama dalam menyelesaikan kasus,” tambahnya.

Tindakan kejahatan di lapangan, tegas Irjen Soenarko, terbagi dalam empat kelompok besar. Salah satunya, kejahatan konvensional yang berpeluang menimbulkan perbuatan anarkis harus dicegah secara dini. Kejahatan transnasional seperti aksi teroris, juga harus dihadapi bersama dengan jalan meningkatkan fungsi intelijen dari berbagai elemen. ”Polisi juga punya tanggung jawab menuntaskan kejahatan terhadap negara,” ucapnya.

Kapolda saat melantik 43 anggota honorary police menyematkan lencana di dada I.B. Sudibya (BTB) dan P. Ram M.Et. dari Yayasan Taman Rama. Para anggota polisi kehormatan yang baru langsung mendapat pelatihan tentang tugas-tugas Polri secara umum. (kmb10)
Senkom Denpasar

Sumber: Balipost

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s