Tentang Senkom Bali

Nama organisasi : SENKOM MITRA POLRI PROVINSI BALI
Ketua           :  Ir. Sutrisno                    Hp: 08123602042
Sekretaris  : Agus Purmadi, SH     HP: 085739344585
Bendahara : H. Haryono                HP: 081353361761
Alamat         : Jl. Gn. Batukaru Gg.Padang I No 3 Tegal Kertha DENPASAR.
Telpon         : 0361- 480799
SKT Kesbang No    : 220/008/KBPM/Org/2008 tanggal 11 Agustus 2008
SK PP Senkom No : KEP-265/PP.SK-MP/IV/2008 tanggal 29 April 2008
Pelantikan tanggal : 8 Mei 2008 di Mapolda Bali
NPWP No                  : 02.189.413.4-037.000

I. Sejarah berdirinya SENKOM MITRA POLRI Provinsi Bali

Berawal dari pelatihan kader pemuda mitra Kamtibmas tingkat Nasional Angkatan II tahun 2006 Generasi Muda Trikora dan Senkom Mitra Polri bertempat di Gedung Yayasan Minhajurrosyidin, Lubang Buaya Jakarta Timur, Tanggal 28 – 30 Januari 2006, yang diikuti oleh peserta yang berasal dari beberapa provinsi. Salah satu peserta dari Bali adalah Ir. Sutrisno (foto copy sertifikat dan Kartu Anggota terlampir).

Dari hasil pelatihan tersebut di atas selalu ada komunikasi dengan kepengurusan Senkom Mitra Polri Pusat di Jakarta, yang kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan Senkom Mitra Polri Provinsi Bali. Hal tersebut mengingat Bali merupakan salah satu pintu pariwisata berskala internasional yang dimiliki Indonesia. Sehingga hal ini sangat relevan dengan perkembangan masyarakat di Bali yang heterogen diperlukan adanya wadah untuk menjembatani berbagai macam keperluan didalamnya. Dengan maksud terciptanya masyarakat Bali yang kondusif, aman dan tertib.

Selanjutnya dalam pembentukan Senkom Mitra Polri di Provinsi Bali, dilakukan pendekatan-pendekatan kepada Tokoh Masyarakat yang dipandang mampu dan mempunyai kepedulian tentang kamtibmas di lingkungannya. Kemudian diadakan rapat-rapat kecil guna menyamakan visi tentang kamtibmas, yang akhirnya pada Bulan Desember 2007 terbentuklah kepengurusan Senkom Mitra Polri Provinsi Bali.

II. Visi, Misi dan Tujuan
Pembinaan dan koordinasi pengamanan swakarsa bertujuan menemukan latar belakang atau bentuk permasalahan dan pemecahannya. Sebagaiamana di maksud dalam pasal 14 ayat 1 huruf F Undang-undang No 2 tahun 2002 yaitu POLRI bertugas melakukan koordinasi pengamanan dan pembinaan teknis terhadap kepolisian khusus, Penyidik Pegawai Negeri Sipil dan bentuk-bentuk Pamswakarsa. Penyuluhan dan bimbingan terhadap komunitas masyarakat akan lebih maksimal apabila di jembatani oleh tokoh masyarakat setempat yang implementasinya berupa dukungan dalam bentuk kegiatan dari setiap tokoh masyarakat terhadap komunitasnya.

Senkom Mitra Polri adalah gabungan warga masyarakat yang dengan sukarela dan sadar akan pentingnya situasi aman dan kondusif di lingkungan masing-masing pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Bali merupakan daerah tempat kunjungan wisata baik domestik maupun manca Negara dengan karakteristik sosial dan budaya yang religius, dengan kekerabatan yang sangat kental sehingga pelaksanaan adat tertata dengan rapi, sehingga pulau Bali menjadi harapan bagi masyarakat setempat dan pendatang untuk mengais rejeki, dimana dalam pelaksanaannya masyarakat pendatang, masih ada yang belum memahami adat dan budaya Bali sehingga sering terjadi kesalahpahaman dengan masyarakat adat.

Menyikapi hal tersebut di atas SENKOM selaku wadah masyarakat khususnya di Provinsi Bali didominasi oleh tokoh masyarakat pendatang sehingga diharapakan dapat menjembatani antara masyarakat Adat dengan masyarakat pendatang yang ada di Bali. Sehingga diperlukan pembinaan baik masyarakat adat maupun masyarakat pendatang agar memahami Kamtibmas dengan tujuan sadar terhadap hukum serta adat istiadat Bali.

A. VISI
Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri mempunyai visi menjadi lembaga yang handal dan profesional dalam membantu mewujudkan keamanaan dan ketertiban nasional melalui peningkatan kesadaran masyarakat.

B. MISI
Membangun kesadaran serta memperluas peran masyarakat dalam ikut membantu pemerintah dan Polri guna menciptakan negara yang aman, tenteram dan damai serta terciptanya keamanan mandiri di lingkungan masyarakat.

C. TUJUAN
Memasyarakatkan kamtibmas, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hukum dan kamtibmas serta merupakan wujud partisipasi dalam pembinaan kamtibmas khususnya daerah Bali

LINGKUP KEGIATAN
Sebagai Mitra Polri, Senkom selalu berkoordinasi dan memberikan informasi kepada aparat berwajib baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun TNI/Polri terhadap adanya gangguan kamtibmas, stabilitas Nasional, dan bencana alam yang dijumpai di manapun anggota Senkom berada.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s