Kunjungan Senkom di Polda Kep. Babel

Audiensi Senkom ke Polda Kep. Babel

Audiensi Senkom ke Polda Kep. Babel

POLDA KEP. BABEL, BID HUMAS – Selasa (30/11) Kapolda Kep. Babel Brigjen Pol. Drs. M. Rum Murkal didampingi oleh AKBP. Djoko Purnomo, S.IK, AKBP. Zarkoni dan Kompol Daniel Tobing, S.IK menerima kunjungan Pengurus Senkom (Sentra Kepolisian) Mitra Polisi Propinsi Kep. Babel di Ruang Rapat Utama Polda Kep. Bangka Belitung. Pengurus Senkom yang hadir berjumlah 10 orang dan dipimpin oleh Ketua Senkom Mitra Polri Propinsi Kep. Babel Bapak A rdian Tofani Spd.
Pada kesempatan ini Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Bapak-Bapak dari Senkom Mitra Polri Propinsi Kep. Babel ke Polda Kep. Babel. Selanjutnya dijelaskan oleh Kapolda bahwa sejak bergulirnya Reformasi Polri sesuai dengan UU No. 2 tahun 2002 kepolisian bersifat proaktif dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan gangguan kamtibmas dengan masyarakat guna mewujudkan situasi yang kondusif.
Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga situasi kamtibmas dilingkungan masing-masing, dan kerawanan yang ada pada Ambang Gangguan (FKK) merupakan tanggungjawab/domain masyarakat dan aparat pemerintah terkait lainnya serta tokoh-tokoh masyarakat untuk mengelola dengan baik sehingga tidak bergeser menjadi Potensi Gangguan (PH) hingga menjadi Gangguan Nyata (AF). Ambang Gangguan yang tidak dikelola dengan baik sehingga bergeser menjadi Potensi Gangguan dan Gangguan Nyata maka akan menjadi domain/tugas kepolisian untuk menanganinya.
Oleh karenanya Polisi tidak dapat bekerja sendiri tetapi harus bermitra dengan masyarakat, hal ini sesuai dengan Program Polri Partnership Building (membangun kemitraan), dimana Kepolisian harus bermitra dengan TNI, Instansi Pemerintahan, Instansi Swasta, Para tokoh-tokoh masyarakat dan seluruh pranata sosial yang ada didalam masyarakat guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Foto Bersama Personil Senkom Prov Babel dengan Jajaran Polda

Foto Bersama Personil Senkom Prov Babel dengan Jajaran Polda

Selanjutnya Ketua Senkom Propinsi Kep. Babel Bapak Ardian menjelaskan tentang organisasi Senkom Mitra Polri Propinsi Kep. Babel. Berdirinya Senkom Mitra Polri di Propinsi Kep. Babel sejak tahun 2008, dan memiiki jumlah personil sebanyak 250 orang yang tersebar di tiap-tiap Kabupaten dan Kota di Kep. Bangka Belitung.
Adapun Visi Senkom Mitra Polri adalah menjadi lembaga yang handal dan profesional dalam membantu mewujudkan keamanan dan ketertiban nasional melalui peningkatan kesadaran masyarakat.
Misi Senkom Mitra Polri membangun kesadaran serta memperluas peran masyarakat dalam ikut membantu pemerintah dan Polri guna menciptakan negara. Yang aman, tenteram dan damai serta terciptanya keamanan mandiri di lingkungan masyarakat.
Tujuan Senkom Mitra Polri memasyarakatkan kamtibmas, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hukum dan kamtibmas serta merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam pembinaan kamtibmas.
Lingkup kegiatan Senkom Mitra Polri selalu berkoordinasi dan memberikan informasi kepada aparat berwajib baik pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun TNI/Polri terhadap adanya gangguan kamtibmas, stabilitas Nasional, dan bencana alam yang dijumpai dimanapun anggota Senkom berada.
Dalam kesempatan ini Ketua Senkom Mitra Polri Propinsi Kep. Babel mengharapkan kepada Polda Kep. Babel beserta jajarannya untuk :
Dapat terjalinnya kerjasama antara Senkom Mitra Polri dengan jajaran Kepolisian dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondisif di wilayah Propinsi Kep. Babel.
Kepolisian dapat memberikan dukungan dan arahan kepada anggota Senkom Mitra Polri.
Adanya saluran khusus sebagai media untuk berkomunikasi dengan kepolisian sehingga dapat memberikan informasi-informasi.
Dapat memberikan pelatihan atau pembinaan kepada anggota senkom sehingga dapat memberikan bantuan kepada kepolisian sesuai tata cara yang baik
Senkom Denpasar
Sumber: Babel.polri.go.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s