Kerugian Kecelakaan Selama Lebaran Capai Rp 6 Miliar

TEMPO Interaktif, Jakarta – Kecelakaan lalu lintas yang terjadi sejak H-7 hingga H+2 Lebaran mengakibatkan kerugian materiil sedikitnya mencapai Rp 6,18 miliar. Selain kerugian materiil, kecelakaan juga merenggut ratusan nyawa dan ribuan lainnya menderita luka-luka.
“Data ini dihimpun dari seluruh kecelakaan yang terjadi di Indonesia selama lebaran,” kata petugas Departemen Pengendali Komunikasi Senkom Mitra Polri, Ken Ken Irawan Aulia, kepada Tempo di Jakarta, Selasa (14/9).
Data tersebut merupakan hasil rekapitulasi dan telah disamakan dengan data yang terdapat di Direktorat Lalu Lintas Markas Besar Polri. Hingga kemarin jumlah kecelakaan mencapai 1.819 kasus, yang berkembang terus hingga hari ini. Dari kecelakaan itu 436 orang meninggal dunia, 567 orang luka berat, dan sebanyak 1.132 orang luka ringan.
Sebagai Koordinator Angkutan Lebaran pada tahun ini, Kementerian Perhubungan telah melakukan berbagai upaya untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Suroyo Alimoeso, pihaknya menggandeng instansi terkait untuk mengantisipasi hal itu.
“Kami bekerja sama dengan kepolisian dan dinas terkait di berbagai daerah untuk mensosialisasikan cara bertransportasi yang baik. Ini agar mudik berjalan lancar,” ujar dia.
Dia menambahkan, pihaknya juga menerapkan beberapa aturan seperti pemeriksaan tes urin bagi supir bus untuk jarak jauh maupun dekat. “Dari hasil tes urin akan terlihat apakah supir bebas psikotropika dan minuman beralkohol,” tuturnya.

sumber : tempointeraktif
Vinanews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s