Ketua Senkom Bali hadiri Gema Perdamaian Bali

SENKOM Denpasar – Event tahunan Gema Perdamaian kembali digelar di Bali menjelang peringatan bom Bali pertama 12 Oktober. Acara di Monumen Badjra Sandhi, Denpasar, Sabtu, 8 Oktober 2011, itu dilakukan dengan memanjatkan doa bersama tokoh lintas agama.
Kegiatan yang sudah 9 kali dilakukan itu diawali dengan Padayatra atau berjalan bersama sambil menyanyikan lagu-lagu rohani mengelilingi lapangan Renon. Setelah itu para tokoh lintas agama diundang ke atas panggung dan secara bergantian memanjatkan doa sesuai tata cara masing-masing agama. Puncaknya, selama 5 menit doa dipanjatkan secara bersamaan.
“Semoga vibrasi doa akan menimbulkan kekuatan untuk menciptakan perdamaian,” kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang memimpin acara itu. Acara itu diakhiri dengan menyalakan obor, melepaskan balon ke udara dan menerbangkan burung merpati.
Selain Gubernur Bali, hadir dalam acara tersebut beberapa tokoh Agama, tokoh adat serta mengundang elemen masyarakat lainnya termasuk dari Senkom Mitra Polri. Dalam hal ini Ketua Senkom Mitra Polri Ir. Sutrisno turut memberikan dukungan dan do’a bersama.
Ketua Panitia Ketut Darmika menyatakan tahun ini acara sengaja tidak digelar pada tanggal 12 Oktober. “Tujuannya memang bukan untuk memperingati tragedi bom Bali tapi menyebarkan pesan perdamaian ke seluruh dunia,” ujarnya.
Peringatan bom, menurutnya, justru akan melukai kembali kenangan terhadap para korban dan keluarganya, sementara yang penting bagi warga Bali adalah menciptakan perdamaian di masa depan.
Kegiatan itu juga makin dikembangkan dengan melibatkan banyak pihak. Pada tahun ini misalnya, sumbangan kesenian diperoleh dari kelompok Sunda Wiwitan, kelompok gamelan angklung dari warga Jepang, Barongsai serta aneka kesenian lainnya.
SENKOM DENPASAR

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s