8th AMMTC Nusa Dua Denpasar Bali.

Denpasar, Humas Polri – Pada tanggal 9 sampai 13 Oktober 2011 akan diselenggarakan Pertemuan tingkat Menteri negara-negara ASEAN dengan topik pembicaraan menyangkut transnational crime di Hotel Grand Hyat Nusa Dua Denpasar Bali. Pertemuan yang disebut AMMTC (Asean Ministerial Meeting on Transnatioal Crime) ini merupakan yang ke 8 yang akan diikuti oleh seluruh negara-negara Asean atau sepuluh negara Asean dan tiga negara peninjau. Setidaknya sampai tanggal 8 Oktober 2011 sudah semua negara baik negara Asean maupun peninjau menyatakan akan hadir dan diantaranya ada empat Menteri negara dari negara peserta yang menyatakan akan hadir yaitu Laos (Minister of Ministry of Public Security), Singapore (Minister of State for Home Affairs and Foreign Affairs, Ministry of Home Affairs), Vietnam (Minister of Public Security, Ministry of Public Security) dan Jepang (Minister of State, Chairman of National Public Safety Commission) sebagai salah satu negara peninjau. Berdasarkan catatan panitia pengarah setidaknya peserta AMMTC ke 8 tahun 2011 ini adalah sebanyak 161 orang yang terbagi dari delegasi negara Asean dan peninjau sebanyak 125 orang dan delegasi Indonesia baik Polri dan Kementerian atau Lembaga yang terlibat sebanyak 36 orang. Kementerian dan Lembaga diluar Polri antara lain adalah Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 3 orang, BNP2TKI 1 orang, BPKP 2 orang, KPK 3 orang, BNN 3 orang, PPATK 2 orang, Bank Indonesia 2 orang, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 1 orang, Badan POM 2 orang, Kejaksaan Agung 1 orang, Kementerian Diknas 2 orang, Kementerian Luar Negeri 4 orang, Direktorat Bea dan Cukai 1 orang dan Polri sendiri 8 orang.
Sebelum kegiatan pertemuan tingkat Menteri atau AMMTC ke 8 ini yang sesuai jadual akan dibuka oleh Wakil Presiden R.I Bapak Boediono pada tanggal 11 Oktober 2011 akan didahului dengan pertemuan pendahuluan para pejabat senior kementerian para negara Asean yang bertanggung jawab terhadap keamanan dalam negeri masing-masing yang disebut sebagai SOMTC. Pertemuan pendahuluan ini akan menentukan isue dan solusi yang akan dibawa pada pertemuan tingkat Menteri atau AMMTC ke 8.
Sesuai dengan Work Programme to Implement the Asean Plan of Action to Combat Transnational Crime (2010-2012) ada beberapa jenis kejahatan lintas negara yang menjadi isu pembahasan dalam setiap pertemuan baik pertemuan pendahuluan para pejabat senior (SOMTC) maupun AMMTC antara lain adalah isu terorisme (terorism), perdagangan gelap narkoba (illicit drug trafficking), perdagangan manusia (trafficking in persons), pencucian uang (money laundring) dan kejahatan komputer atau cyber crime.(Zulkarnain, Staf Divhumas Polri)
Senkom Denpasar

Sumber: Situs Polri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s