Senkom Bali ikut tandatangani MoU dengan Gubernur Bali

Penandatanganan MoU Gubernur Bali dengan Kelompok RelawanDenpasar – Dalam upaya kesiapan mengantisipasi dampak bencana di Pulau Dewata, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Bali menggandeng beberapa kelompok relawan di Pulau Dewata dengan menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU). Selasa, 20 November 2012.
Mou ditandatangani bersama antara Gubernur Bali yang diwakili Sekda Bali sekaligus Kepala BPBD Bali Made Jendra dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana), Bali Amateur Rescue Emergency Service (Bares), Pemuda Siaga Peduli Bencana (Dasipena), SENKOM Mitra Polri Bali, Yayasan IDEP Selaras Bali, Tim Bantuan Medis Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (Orari) Bali.
Acara penandatanganan mou tersebut disaksikan antara lain Kepala Pelaksana Harian BPBD Bali Dewa Made Indra, kepala pelaksana BPBD Kota/Kabupaten se-Provinsi Bali, dari unsur Polda Bali, unsur TNI, Ketua Forum Pecalang, unsur SKPD Provinsi Bali dan lain lain.
Gubernur Bali dalam sambutan tertulisnya mengatakan penanggulangan bencana sebelumnya dianggap merupakan tanggung jawab dari pemerintah, namun berdasarkan UU No 27 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana, paradigma tersebut berubah menjadi tanggung jawab masyarakat serta dunia usaha. “Oleh karena itu, kegiatan penanggulangan bencana yang efektif membutuhkan sinergitas antara tiga pilar, pemerintah, masyarakat dan dunia usaha,” katanya. Pemerintah berharap dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara Gubernur Bali dengan beberapa organisasi relawan penanggulangan bencana menjadi sebuah langkah nyata dalam membangun sinergitas.
Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Bali Dewa Made Indra usai penandatangan MoU tersebut mengatakan Pulau Dewata dengan wilayah yang kecil ini masih menyimpan segudang kerawanan terhadap bencana. “Kita memang tidak bisa menghentikan gunung meletus, namun saat gunung meletus kita sudah siap untuk menanggulangi,” ucapnya. (Humas Senkom Bali)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s